~ 13+2 atau 15? ~


images

Belakangan ini, ELF kembali harus diganggu dengan perpecahan Fandom menjadi dua kubu dari yang Pro Only13 dan ELF yang ingin Zhoumy dan Henry benar-benar menjadi bagian inti dari Super Junior.

Sejujurnya, aku adalah ELF yang memilih Super Junior dalam 13+2, aku mencintai 13 Member official namun sama sekali tidak membenci dua lainnya. Aku harap jangan panggil aku bukan ELF *karena banyak ELF yang menyebut seperti itu bagi yang tak bisa menyamakan Henmi dengan yang lain*, karena kalian patut tahu apa yang sebenarnya terjadi.

Pertama kalinya, sudahkah kalian membaca Petisi Only13 yang diajukan ELF Korea beberapa hari ini sebelum mengambil kesimpulan yang kalian dapat secara acak di FP-FP tertentu. Disini, kalau dibaca lebih jelas, ELF Korea yang mengajukan petisi sama sekali bukan ingin ZhouRy keluar atau sebagainya. Mereka hanya ingin kejelasan setelah melihat kejanggalan antara yang terjadi dengan kontrak yang mereka Taken dengan SM beberapa tahun yang lalu (Bukan ZhouRy target mereka disini, tapi SM Entertaiment).

Dalam kontrak tersebut kira-kira berisikan bahwa Super Junior official selalu ber-13 selamanya, namun akan ada ‘member tamu’ *SM sendiri yang menamainya seperti itu* yang akan menambah beberapa member asli ketika mereka membuat Subgroup untuk promosi dalam sebuah negara. Leeteuk bahkan dulu pernah bilang kalau saja ada kemungkinan mereka promosi di Thailand, Filifina, dll yang berarti akan menambah beberapa member dari negara tersebut – yang akhirnya tidak keburu terlaksana karena ternyata kepopuleran SJ dengan karya koreanya mampu menembus asia bahkan mulai menyentuh dunia. Darisini bisa dilihat sendiri bukan? Kalau Member SJ seperti ZhouRy bisa saja bertambah dari dimana SM mau membuat Subgroup untuk SJ.

Nah, kembali pada petisi sebenarnya apa yang membuat Petisi ini sampai muncul kembali? Hal itu dikarenakan karena belakangan ini SJM dan SJ selalu tampil bersama namun dalam konteks yang tak terlalu jelas. Sebenarnya, menurut Elf yang membuat petisi ini, Elf korea sudah banyak yang mempertanyakan dengan keadaan tersebut, apalagi melihat penggabungan dua Hoobae SJ dari M dan K hanya menjadi Exo mereka sepertinya takut SM juga berfikir melakukan hal yang sama pada SJ dan menyalahi kontrak yang ada. Hal itu ditambah dengan ketika ZhouRy juga tampil lebih banyak di SS5 dengan lagu-lagu SJ, dan yang paling membuat Elf korea sedikit bereaksi lebih adalah ketika SM men-tag nama ZhouRy dalam Video Super Junior tanpa tag-an Super Junior M. Elf korea mulai merasa perjanjian mereka dengan SM sebelumnya disalahkan disini.

Dalam petisi, mereka menjelaskan bahwa tujuan mereka bukan ZhouRy namun lebih menanyakan kepada SM dengan kepastian yang ada. Namun ini menjadi lebih panas ketika fans member SJ digabung menjadi ZhouRy menunjukkan ketidak setujuan dan mengajukan petisi yang sama dan meminta SM untuk menjadikan ZhouRy secara official, yang tentu ini hanya akan menambah semakin panas keadaan yang ada hingga hal ini yang membuat member SJ bahkan mengetahu hal ini.

Sebenarnya, jujur sebagai fans yang selama ini dalam prinsip 13+2, aku juga merasa risih dan mempertanyakan hal yang sama mengenai SJ dan ZhouRy yang sekarang-sekarang ini digabung sama. Thanks untuk petisi ini yang membuat lebih jelas. Bukannya apa-apa, namun aku pure suka suju sebagai diri mereka yang 13, walaupun aku tahu ada nama lainnya di SJ yaitu ZhouRy namun sejujurnya rasa untuk keduanya berbeda dengan 13 lainnya. Salahkan karena aku terlalu mencintai SJ seperti lengkap 13 sejak awal aku memilih menjadi ELF. Dan, aku sebenarnya juga menanyakan tentang seringnya SJ disamakan dengan ZhouRy belakangan ini, dan sejujurnya yang aku tanyakan sesuai dengan petisi yang ada.

Kembali kepada petisi tadi, Elf korea bukannya ingin ZhouRy keluar dari keluarga Super Junior atau mengintimidasi mereka seperti perkiraan sebagian Elf selama ini namun lebih kepada memperjelas dan menegaskan SJ seperti yang seharusnya – dalam hal ini seperti kontrak SM dan ELF. Mungkin masih banyak Elf diluar sana yang berkata bahwa ‘itu gak adil banget buat ZhouRy, lagian perjanjian itu sudah lama toh Hangeng dan Kibum udah keluar gini. Jadi sebaiknya digabung aja’ Namun Elf korea tak bisa menerima begitu saja hal ini karena mereka punya perjanjian tertulis dengan SM sebelumnya yang mencantumkan bahwa SJ itu selalu 13 dan member lainnya tidak bisa digabung masuk dalam 13 ini. Aku sejujurnya bilang bahwa ZhouRy tidak bisa disamakan dengan 13 lainnya, dan apalagi bagi Elf korea yang dulu berpanas-panasan untuk mempertahankan formasi SJ seperti yang sekarang. kalian mungkin berfikir, ‘apa pedulinya gitu? Itu 2008, sekarang udah 2013 gitu’ hal ini jelas tak bisa dibenarkan karena tak ada masa depan tanpa ada sejarah dan masa lalu. Kita bisa bilang kita melakukan ‘pengkhianatan’ pada orang-orang yang dulunya berjuang keras untuk mengikat Super Junior menjadi member yang kita tahu sekarang. Semua orang tahu bahwa kalau saja petisi 13 tidak dibuat, mungkin Super Junior akan seperti Morning Musume yang anggotanya akan berganti setiap tahun.

Nah, berdasarkan inilah petisi tadi dibuat. Memang terdengar tidak adil untuk ZhouRy namun semua member Super Junior sudah sama-sama tahu tentang ini, bahkan ZhouRy juga tahu pasti hal ini. Itu sebabnya Eunhyuk buru-buru menjelaskan dengan mengambil jalan tengah – Eunhyuk tak ingin Elf(apalagi K-ELF) salah faham atau malah terbagi. Lebih tepatnya Eunhyuk mempertegas 13+2 tadi dan meminta Elf untuk tetap mencintai dan menjaga  ZhouRy walau mereka bukan member official  – karena kita juga harus sadar bahwa mereka berhak untuk itu.

Namun sekali lagi perubahan masa lalu bukan berarti kita ditutup untuk melihat apa yang ada sekarang. semua sudah tahu, ZhouRy sudah semakin dekat dengan member SJ bahkan member SJ sudah memperlakukan mereka seperti saudara dan bagian dari mereka. Dan, sebagai Elf kita harus bisa mendukung apapun yang mereka lakukan dengan SJM ataupun secara solo. Walaupun dengan tidak mengcompare mereka dengan berharap mereka masuk official SJ, mari tetap menjaga mereka namun tidak menyalahkan aturan yang telah dibuat oleh Elf senior. Karena kalau dilihat lebih jelas petisinya, Elf korea bukannya bermaksud ‘menendang’ ZhouRy namun hanya ingin kejelasan SM setelah sekian lama kontrak Only13 mereka sedikit tersalahkan.

Hanya ini, aku menjelaskan apa yang aku tahu dan bukan mencoba menyebar hoax sama sekali. Saranku hanya satu, kalian perlu membaca petisinya dulu untuk mengerti kenapa 13+2 tidak bisa menjadi 15 dalam dunia ELFSJ dan tidak dengan gamblang ngebash Elf korea yang mengajukan petisi tadi.

Read first, Think then, Finally.. take your conclusions ^^

Dengan kerendahan hati dan menyampaikan pendapat sesuai apa yang saya temukan. Tidak setuju boleh, tapi cobalah untuk mengatakannya dengan sopan. ThanKYU.
PrincessClouds aka Putri Andina.
www. Cloudyelfputriandina. WordPress. com

7 Comments Add yours

  1. Choi Shinae mengatakan:

    aku setuju. banyak orang disana yang salah tanggap ttg petisi ini. menurutku masalah 13only ataupun 13+2 bukan masalah krn itu mnyangkut hak.
    13only memang faktanya krn SJ adalah 13.
    jika dikaitkan dgn 13+2 itu bukan berarti SJ15 krn disana hanya ada tanda ‘+’ dan tidak ada tanda ‘=’🙂 13 utk SJofficial dan 2 utk SJMofficial🙂
    mnrtku semuanya hanya butuh ‘respect’ dan sprti note ini ‘jangan ambil kesimpulan sepihak jk tdk tahu apa isi dr ptsi itu’🙂
    aku setuju dengan note ini🙂
    bagaimanapun mereka adlh kluarga , bahkan kita (elf) jga trmsuk bukan🙂
    ^^

  2. tanti no kawai mengatakan:

    Setuju bangett….. Coz sampe kapanpun SJ only 13…..!!!!! Atau dalam versi lain 13+2….!!!!!!

    Seperti note di atas memilih 13+2 bukan berarti tidak mencintai atau tidak menerima ZhouRy…..
    Tentuuu qt menerima η mendukung mereka Tapi dalam taraf Ϋά̲̣̥ηġ berbeda….
    Coz qt mencintai mereka sebagai Sj-M ataupun dalam soLonya….🙂
    Dan Sj adalah 13….🙂

    ❤ Only 13+2❤

  3. qiqie mengatakan:

    SJ tetep 13+2 . Bukan 15 .
    Semenjak Soo man pensiun dan digantikan youngmin , SM berantakan . Banyak war dimana2 . Apalagi fandom artis2 mereka . Ada yang di anak emaskan , dan ada yang di biarkan *mungkin* ini yang juga yang bikin war beberapa fandom . Itu kalo menurut aku sih . Yang pasti SM skrg gak sesukses dulu . Jujur kecewa banget sama SM skrg😦

  4. Elisa mengatakan:

    Btul tu aku jgak sebagai ELF stuju dengnan 15+ 2 aku jugak gak ingin oppa2 qu sedih dengn pemberitaan yang dilebh-lebihkan…
    Semoga ELF word paham akan hal ini dan selalu mendukung oppa suju 13+2……
    Oppa we always love you so much……

  5. Yhulaiisoeun mengatakan:

    Setuju aku milih 13+2…..
    Dan akan tetap mendukung smua oppadeul,, mau itu SUJU,SUJU-M… Pokok.y tetp mendukung yg trbaik buat mereka… Dan tentu.y tetap mencintai mereka…😉

  6. SnowAngels 'Seli M' mengatakan:

    Sebenernya mau SJ 13+2 atau 15 menurutku sama saja, toh merekapun punya posisi yang sama diHati aku *Ciie*
    sebenernya aku kepikiran dari dulu, SJ tampa Hangeng+Kibum ditambah Oppars yg sekarang udah pada Wamil aja berasa sepi banget, apalgi ditambah kurangnya ZouRy..
    Jadi menurutku SuJu tampa ZouRy juga akan sangat Sepi.
    Pas kemaren Liat SuShow, kayanya kalau ga ada HanGeng+Kibum+OppaWamil SuJu kurang kompak, formasi dancenya juga bolong-bolong untungnya masih ada ZouRy yang sekarang masih tetep berjuang bareng Oppa lainnya..
    Jadi mau 13+2/15 menurutku sama aja, toh mereka juga sama2 berjuang dari Training hingga sekarang masih tetap bisa berjuang untuk SJ/SJM!
    Aku ELFINA(bukan ELFKorea) tetap mendukung apapun posisi mereka😀

  7. langitmerah31 mengatakan:

    Setujuuuuuuuu..
    Walau Ά̯͡к̲̣̣ύ br bbrg tahun ini jd elf, tp emang dr awal kenal dan mencoba mengenal SJ yah dg formasi mrka ber 13.. So I like if the twins extra member with our superman, but SJ is still the 13th guys..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s