Piece of mind


 

00

Hello readers sekalian…

Pertama-tama kasih selamat padaku dulu dong karena akhirnya aku ngeluarin buku pertamaku, horeeee!!!

Selama beberapa tahun ini alasanku mulai sangat jarang menulis di blog karena aku mulai berusaha fokus dengan kehidupanku di dunia nyata serta mewujudkan impian terbesar di dalam hidupku, yaitu menjadi penulis yang bisa menerbitkan buku sendiri. Nggak mudah sih, selain harus fokus mencari pekerjaan yang sangat amat nggak mudah untuk didapatkan, aku juga mengalami beberapa kali penolakan oleh penerbit. Selama beberapa tahun belakangan aku juga seringkali mengikuti lomba menulis yang sayangnya juga nggak berakhir baik *ketawa pahit*.

Hingga, baru sekitar setahun yang lalu aku baru tahu kalau ternyata ada yang namanya ‘penerbitan indie’, yaitu penerbitan dimana buku kita bisa langsung terbit tanpa harus menunggu konfirmasi selama berbulan-bulan lamanya – yang belum tentu juga bakal diterima sama penerbitnya. Menggunakan jasa penerbitan indie ini naskah kita bisa langsung terbit, TAPI tentu saja you gotta pay.

Sebenarnya pada waktu itu aku sempat merasa tertarik, no matter what I have to be a writer, tapi setelah dipikir-pikir lagi aku nggak yakin dengan semua itu. Harga penerbitannya emang nggak seberapa, tapi aku nggak yakin buku itu bakal ada yang beli. Selain karena tak mau rugi uangnya, aku nggak ingin karya yang udah kubuat dengan susah payah menjadi sia-sia, it will hurt me so much because I always pour out my soul into my writings. Sehingga itu sebabnya aku terus kirim beberapa naskah ke penerbit, dan Alhamdulillah saat ini ada salah satu naskahku yang lulus seleksi pertama di salah satu penerbitan major.

Dan di saat terus menunggu dan mencoba itu, aku baru tahu kalau ternyata salah satu penerbit indie bernama guepedia melakukan event terbit novel gratis. Awalnya aku masih merasa skeptis, saat itu selain yang sedang direview penerbit memang ada naskah lain yang kusimpan, namun jujur aku masih nggak percaya diri melakukan penerbitan secara indie dimana kita harus melakukan promosi sendiri. Selain itu pada saat itu adalah dimana aku juga sedang dipusingkan dengan masalah pekerjaanku.

Aku sempat mengabaikan event ini, namun di akhir tiba-tiba malah kepikiran; kalau kucoba mungkin juga nggak ada salahnya. Toh, selama bertahun-tahun aku sudah punya banyak naskah dan ide dari blog ini sehingga aku bisa mengambil beberapa dan mengubahnya kembali dalam bentuk novel (btw FF yang dijadiin naskah sudah diproteksi) . Cukup pusing deh pada waktu itu karena aku ikutannya udah deket banget sama deadline, waktunya mepet dan hampir nggak terkejar, namun walau begitu Alhamdulillah aku bisa menyelesaikannya sehingga pada akhirnya jadilah ‘Semu’.

cover semu

Mungkin yang ngikutin blog bertanya; jadi ini cerita yang udah pernah dipublis di blog? Jawabannya, Iya. Aku nggak mau bohong karena sejujurnya pembaca blog ini adalah orang-orang yang mungkin bersedia membacanya selain kenalanku di dunia nyata. Tapi, banyak hal yang telah aku ubah; mulai dari tokoh, latar, alur, dialog, hingga ending. Seperti yang kubilang, aku selalu bersungguh-sungguh dalam menulis sehingga aku nggak mungkin ngasih materi yang bikin aku pribadi merasa nggak puas. Selain itu, selama ini tulisanku di blog adalah ide spontan yang nggak pernah aku edit atau masih dalam bentuk draft, sehingga kalau itu diubah lagi jadinya bakal lebih baik, bukan?

Selain itu yang lain mungkin nanya; tokohnya diubah? Jadi bukan So Eun sama member Suju lagi, dong? Jawabannya juga Iya. Semua tokoh diubah, begitupun dengan latar. Kalau selama ini aku menulis fanfiksi dengan tokoh idola dan latar tempat di korea, kini semuanya diubah menjadi tokoh yang baru dengan latar di Indonesia. Tapi aku selalu mencoba untuk mempertahankan cara penulisanku, adapun perubahannya aku cuma ingin kemampuan itu semakin membaik lagi; typo berkurang, alur lebih baik, dll.

Adapun masalah blog, sebenarnya belakangan ini cukup banyak yang nanya apa aku bakal melanjutkan blog atau enggak. Saat itu aku hanya bisa jawab aku belum punya inspirasi karena nggak ingin ngasih tahu tentang pengerjaan naskah, tapi aku bakal tetap menulis di blog walaupun mungkin nggak bakal serajin dulu. Aku bakal tetap nulis fanfiksi, walau mungkin akan mulai menulis hal yang lain juga.

Juga, rencananya dalam waktu dekat aku bakal mengubah blog ini menjadi domain pribadi. Sebenernya penyesalan terbesarku selama ini karena nggak ngelakuinnya dari lama, karena menurut teman-temanku jumlah pengunjung yang aku dapatkan selama ini cukup bisa menghasilkan uang untukku lol. Di domain yang baru nanti aku akan tetap update fanfiksi serta aktifitas blog lainnya. Walau aku udah kehilangan cukup banyak pembaca dan pengunjung, namun seperti pertama kali aku nggak yakin blog ini akan memiliki banyak pengunjung seperti sekarang aku juga yakin kalau di masa depan aku bakal bisa mendapatkan pencapaian dan gebrakan lagi.

Sekali lagi, aku ucapkan terima kasih pada seluruh pembaca blog ini yang selama ini telah menjadi bagian dari mimpiku sebagai penulis. Terima kasih atas dukungannya selama ini. Bagi Anda sekalian mungkin setiap komentar dan dukungan pendek yang dikirimkan dengan iseng padaku hanyalah hal kecil saja, tapi bagiku semua itu berarti sangat besar. Semua itu adalah pendorong untuk terus melanjutkan mimpi terbesar di dalam hidupku untuk menjadi seorang penulis serta berusaha untuk mewujudkannya.

Sekali lagi terima kasih. Dan seperti reader sekalian menyukai karya-karyaku sebelumnya, semoga semuanya juga bakal menyukai ‘Semu’. Sekali lagi terima kasih ^^

4 Comments Add yours

  1. Miani caledupha berkata:

    Selamat put untuk buku pertamamu.
    Kedepannya smoga ini menjadi lancar.
    Skli lgi slmat.

  2. kristienuuna berkata:

    Selamatya buat terbitnya buku pertamanya Putri..
    Selalu terus berkarya..
    Tapi jangan bosen2 juga bikin’in penggemar setia cerita kmu fanfic nya Sso ma para oppa2 suju..
    Always do the best and wish you all the best..

  3. Anna berkata:

    Congrat,,and dreams come true,,mkin sukss ya kdpnya fighting

  4. dianqueena berkata:

    Congratulation yaaaaaa

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.