~ Yesung’s voice (Based: TheTruthOfKpop)~


fff

“ Salah satu hal yang disayangkan dari Kpop adalah bagaimana sedikitnya pengakuan yang didapatkan oleh laki-laki berbakat luar biasa ini. Kadang-kadang, Yesung bahkan diabaikan oleh fans Super Junior. Tidak hanya ELF yg mengabaikan bakatnya tapi seluruh industri sebenarnya melupakan Yesung. Tak seperti idola kebanyakan, Yesung tidak harus menjalani sebuah Trainee yang terlalu banyak untuk menjadi penyanyi yang mengagumkan seperti dirinya saat ini. Tanpa berbagai pelatihan yang formal pun di usai 16 tahun, Audisinya untuk memasuki SM Entertaiment begitu mempersona (mendebarkan hati). Dengan suara baritone yang serak dan selera R&B yang jelas, Yesung sudah mempesona di audisinya. Seperti yang diketahui, suaranya akhirnya berperan untuk membuatnya mendapatkan nama panggungnya “Yesung”, atau suara yang bernilai seni (Art Of Voice). Yesung adalah sebuah serak seksi baritone yang luar biasa. Catatan nada rendahnya dalam pencapaiannya adalah smokey (memabukkan?) dan sensual (menggairahkan?) , dan falsettonya yang halus benar-benar seperti sutra dan manis. Penguasaannya terhadap lagu begitu mengejutkan; tidak hanya karena ia dianugehari suara yang unik, tapi ia juga dianugerahi kemampuan menguasai hal itu dengan sempurna. Aliran (Genre) Yesung tidak diragukan lagi adalah Soul (Jiwa?). Ia begitu hebat dengan (Genre) yang lembut, tapi powerful, R&B Ballads. Begitu sering, adlib Yesung dilagu-lagu Super Junior  begitu membuat lagu-lagu itu menjadi lebih baik dan dalam.
Ketika Yesung melakukan nyanyi sendiri (solo), dengan tanpa henti ia menambah esenssi music blues untuk lagu-lagunya. Bahkan disamping menempatkan teknik yang indah, lagu-lagunya juga sangat dipenuhi oleh passion/gairah (kau harusnya meminjam beberapa kepada Kyuhyun) dan semangat sehingga dia dapat menyebabkan tangis karena merasa heran dan takjub. Saya benar-benar berharap emosi tajam mendalam dan liar yang ia letakkan dalam catatan ketika ia bernyanyi suatu hari akan diakui oleh orang-orang.
Alasan saya memilih “Sorry, Sorry Answer” adalah karena saya berfikir lagu ini benar-benar cocok bagi suara terbaik Yesung dan benar-benar menonjolkan bakatnya untuk R&B Ballad. Tidak hanya karena lagu ini menakjubkan, karena ini adalah salah satu lagu dimana Yesung bisa menunjukkan (karena kurangnya kata yang lebih baik) suaranya yang hitam. Ia terus-menerus menghadirkan kedewasaan yang tak teraih dari (dari K-Pop) and depth to the table, dan aku menyukai itu. “

The Peach

Aku hanya mentranslet postingan ini karena Aku begitu tertarik dengan isinya. Sebenarnya, jujur sih aku membenarkan sebagian besar (bahkan semua) yang ditulis orang ini mengenai Yesung. Mengenai bakatnya Yesung ataupun ‘pengabaian’ yang diterimanya. Bukannya apa-apa, namun sepengelihatanku ini mungkin benar. Ingat masa-masa ketika Yesung tidak ada fans, mungkin apa yang digambarkan oleh pengkritik ini akan lebih buruk daripada ini. Tapi kita semua tahu berkat “It Has To Be You” kita perlahan bisa melihat Yesung yang lebih bersinar.

Aku memantau komentar dari blog ini, dimana pendapat mereka untuk Yesung dan untuk ELF. Ya, ELF. Mereka menilai bahkan sampai saat ini beberapa ELF masih mengabaikan bakat Yesung dan (Bukan bermaksud menyudutkan) mereka juga memperhatikan bagaimana lebih seringnya (Maaf) Kyuhyun direkomendasikan sebagai The Best Vocal dalam Grup padahal dengan jelas Yesung adalah Lead Vocal utama. Yesung adalah satu-satunya Lead Vocal utama yang sering diragukan sebagai Lead Vocal oleh fandomnya sendiri. Mungkin tanpa It Has To Be You, Yesung tak akan mendapat pengakuan seperti sekarang. Siapa tahu.

Yah, sebagai fans BERAT Yesung aku juga memikirkan hal yang sama. Apa jadinya Yesung tanpa It Has To Be You? Mungkin Lead Vocal kita yang paling sering bekerja banyak untuk Improve lagu Super Junior ini akan terus menjadi orang dibalik layar bukan? Seseorang yang bernyanyi paling banyak namun hanya mendapat satu sampai dua kali sorotan dalam setiap MV.

Kim Jongwoon begitu berbakat dan Preciuos, walau ia kini sudah terlihat terang dan disebut-sebut sebagai “King Of Soundtrack”, namun sebenarnya Yesung belum sepenuhnya mendapat pengakuan itu. Pengakuan tentang kwalitas dia yang sebenarnya dari sebagian fans dan industry Kpop. Harapanku sama sih dengan pengkritik ini, bahwa suatu saat semua fans dan dunia Kpop menyadari BETAPA BESARNYA POTENSI SEORANG KIM JONG WOON DAN TAK LAGI MENYIA-NYIAKANNYA DENGAN MELETAKKANYA DI DAFTAR BELAKANG.

From: (http://thetruthaboutkpop.wordpress.com/2012/03/09/k-pops-top-5-male-vocalistssingers/#comment-1586)

Translet by Me ‘PrincessClouds’ : www.cloudyelfputriandina.wordpress.com

44 Comments Add yours

  1. cucancie berkata:

    Yupz…seSuju hidup Yeye^^

  2. cutewhite berkata:

    Ahhh suka bgt sama artikel ini sukaaaa sukaaa SUKA bangeet BANGET (´⌣`ʃƪ)♡
    Iyaaa yesung tu sering bgt cuma dpt part yg jatohnya kya back vocal *menurutku*
    Walau lagu2 SUJU sekarang lebih banyak menonjolkan KRY tpi dulu??
    Berharap yesung punya album solo disamping kegiatannya bareng SUJU

    1. Ira berkata:

      Oke,aku memang fansnya Kyuhyun..mengenai suara,Kyuhyun memang bagus sekali,tapi diatas Kyuhyun masih ada Yesung..aku mengakui bahwa suara paling bagus di super junior adalah Yesung..! Ingat,biasku bukan Yesung,tapi kalau bicara soal fakta,aku mengakui suara Yesung yang paling oke dan bisa membuat jatuh air mataku..

  3. Terharuuuu,, bacanya,, aku sebagai fans BERAT Yesung suka sakit hati kalo liat MV jaman dulu Yesung jarang bgt disorot kamera padahal suaranya yg paling kedengeran,, dan aku juga setuju kalo Yesung itu suka ga dapet pengakuan dari fandomnya sendiri,,*sedih ,, aku berharap suatu hari “semua orang” bisa mengakui bakat suara indah Yesung ,,Amin

  4. Chocopink berkata:

    Yuppzz!!! Q jga stuju bgt, dg artikel ni…
    Yesung sll dpt bag yg bner2 dkit. Sll dpt bag improve doang dg mnunjukkan klbhan suarax yg TOP abis! Tpi itu bner2 g ckup.. Seolah yesung cma jdi bag kcil di SUJU. Udah dri sifatx yg aneh, dan ktanya kurangnya dia dlm dance, bkin yesung bner2 cma ganjelan pintu aj disuju.. Knpa dlu yesung ga dipksa bljr dance dg lbh keras lgi? Knpa giliran kyu mlah di sruh krja krs? Klo gtu dr dlu,seenggaknya yesung msh bs dpt posisi dance yg lbh layak dr skrg*nyesek! Q jga sbg pggemar berat yesung-ppa ngrasa smw itu ga adil, q dah sering bicarain hal ini sma adeku.. Dan dia t’xata setuju. Ga twnya ada org lain jga yg b’pkir dmikian…
    #brarti saat2 yesung ga da fans itu bener,ya eonn?? Q pkir itu cma omg2 org yg ga bner, dan q sndri jga g p’caya karna q pkir… Yeah, gmna bsa, dg suarax yg sper kren itu smpe ga da fans?#klo q tw suju sjak awal mrka mncul.. Q bkal jdi org yg sll dkung yesung, ga peduli q cma satu2nya fansnya yesung-oppa!hehe

    yah… Q harap dr pihak mnegement pun bs m’nyadari keadaan kyk gni.. Dan bs lbh adil lgi..

    HWAITHING,!!!!buat yesung-oppa!!

    U/ princess cloudy-eonni…. Gomapta u/ ngepost artikel ini! Salut! N dtggu trs klnjutan FFnya!!! Kgen!:)

  5. Dear Diyah berkata:

    SETUJU BGT !!!
    q bkan ELF jd g trlalu tw bnyak tentang setiap member y, paling tw y cuma member yg q suka salah stu y ea Yesung oppa *ketularan ade q yg ngfans berat ma Yesung* hihihi
    Pertama x suka pz denger ‘It Has To Be You’ itu lg ngena bgt !!! truz jd ska ngubek” info Yesung deh ,, n dr video” yg q liat n artikel yg q baca, postingan d’atas tuh bener bgt.
    GB/BB laen jg kbnyakan ky gtu,, visual lbih d’utamakan dr pd lead vocal yg pnya peran pnting. kadang fans lbih trtarik dg penampilan dr pd bakat.
    Moga kedepannya Yesung makin sukses deh ^^

  6. lee mar'atus berkata:

    walaupun biasku bukan yesung.
    tapi dari awal aku sudah sangat terpesona dengan suaranya. 😀
    pas baca ini juga pas banget lagi muter lagu it has to be you. hehe

  7. elisa berkata:

    cingu kapan2 share fissy oppa ya author…..

  8. aisyah kyubum berkata:

    aku jga sependpat !!
    coba klo ga ad it has to be you ??

    ga mungkin yeye kya skrang !

    karekter vocal yeye emang pling beda n sngat keren !

    klo aku lgi nyesek aq pasti putar true love is sick entah kenapa aq pasti bisa nangis !

  9. isaloka clouds berkata:

    yesung oh yesung, the art of voice, walaupun dulu dia nggak terlalu punya fans, mungkin sampai sekarng para fandom suju juga jarang mengakui bakat yesung,,
    tapi, aku pernah baca, kalau ELF indo banyak yang biasnya yesung,, aku sejak pertama kenal super junior, member yang paling aku cari tahu juga yesung,
    di Super Junior tuh yesung terpenting setelah My leader teuk,, mukanya juga ganteng, ganteng banget malah, baby face. .
    tapi, kenapa yah kok ELF yg mengakuinya sedikit dibanding Kyuhyun n Ryewook yg sama2 lead vocal

  10. ticha_ berkata:

    setuju ama saeng,,,
    Mungkin mrka yg blm tau lebih kualitas seorang KIM JONG WOON,,jd mrka tak menyadari_seBAIK apa suara yeppa…
    Dr awal q tau suju_jujur..q langsung suka ama yeppa
    Emank seh,,awal cma leat sekilas,,tp setelah denger suara’a_q makin suka
    Hehehehe
    Love u yeppa 🙂
    Para clouds selalu bersamamu 😀

  11. Dizha adrya berkata:

    Stju bgt ma putri n pngkritik ny,, smga slrh elf n pcnta kpop bsa mnyadari n mngakui kualitas yg d miliki yesung oppa,, klw aq sih udh psti mngakui ny dr prtma melihat n mndngr suara ny yesung oppa pilihan q sdh trtju pda ny,, ap lgi dngn suara baritone n nada” improve ny sdh tdk d rgu kan lgi kualitas suara yesung oppa,, sbg seorang clouds aq bngga bgt ma idola q yg stu ni,, bgi q oppa bnr” perfect d sgla hal n sllu mngrjakn ny dgn snguh”,, saranghae yesung oppa ^_^

  12. mifta berkata:

    sampe nangis aku baca komennya putri, hehehe 🙂
    aku setuju bgt sama putri, yeye oppa emang punya potensi yg luar biasa.
    suaranya bener2 keren. lead vocal yg paling best deh pokoknya.
    agak disayangin jg sih sama sikap sebagian elf yg kyk gitu. pdahal menurut aku, masing-masing anggota suju punya ciri khas masing-masing dlm hal suara dan aku suka semuanya. semoga gk ada lagi elf yg mengabaikan yeye oppa. yeye oppa yg suaranya keren banget, mukanya ganteng banget, dan bikin aku selalu ketawa sama tingkah2nya, hahahaha.. saranghae yeye oppa 😀

  13. cloudthiago berkata:

    mungkin mereka akan benar2 mengakui’y setelah Yesung wamil.
    Bagaimana jadinya lagu SJ tanpa seorang Lead Vocal?
    (sorry to ELF)

    1. PrincessClouds berkata:

      oh please jangan bahas wamil. ngebayanginnya aja gak kuat T-T

  14. tata berkata:

    Bias utama ku di suju itu kyuhyun
    Tp sumpah demi apapun aku tergila2 sm suara yesung oppa
    Wlwpn suara mreka sm2 bagus tp ada yg kyu ga pny kaya yg yesung pny
    Feel lagu yg dinyanyiin yesung bnr2 nyampe apalagi sm improvisasinya dia
    Krn kalo aku denger kyu ga tau knp feelnya ga dpt dan cndrng agk flat
    Apa lagi nebandingin it has to be you yg dinyanyiin yesung sm kyu
    Tp aku rasa yesung udh dpt pengakuan skrng dia dpt penghargaan kan krn lagu itu
    Dan dia jg dpt bnyk permintaan isi ost aku rasa itu salah satu bukti pengakuan sm kemampuannya dia
    Part nyanyi yesung di suju jg skrng banyak

  15. deewookyu berkata:

    Iya aku juga
    Ngerasain
    KYU slalu dinomorsatuin
    Tapi
    Pesonanya KIM JONG WOON
    blum bisa tergeserkan dengan KYU
    Apalagi siwon…

    Tanpa IHTBY pun
    Aku sdh sdh dengan
    Si aneh berdarah ab ini…

  16. tanti no kawai berkata:

    ………../–)
    ………/…/
    ……./….(______
    ▓▓……….((_I___)
    ▓▓……….((_I___)
    ▓▓……….((_I___)
    ▓▓—.___((_I__)

  17. deput3424 berkata:

    fandomnya sendiri bahkan tidak menyadari bakat yg ia miliki?
    Fandom macam apa itu?
    Jujur saja saya adalah seseorg yg baru mengenal KPop dan siapa yang menarik saya ? Tentu saja suara emas Yesung Super Junior yg berhasil membuat air mata saya luruh begitu saja.
    Setelah membaca ini, saya ragu.. haruskah saya menyatakan diri saya sebgai fandom tersebut? Karena sebenarnya saya hanya tertarik pada suara yg meluluhkan itu. Dimohonkan kesadarannya mungkin untuk fandom itu -yg tidk mengakui suaranya yg agung- untuk lebih menghargai apa yg diusahakan org untuk membuat kita semua tertarik. Jika takdir tidak kejam, seharusnya Yesung bisa bersolo karir saja. Karena saya yakin, mungkin ia akan lebih baik. siapa tahu rencana Tuhan.

    1. PrincessClouds berkata:

      Yup, tapi fandom Super Junior sudah mulai melihat keberadaan Yesung dan sebagian besar setuju kalau Yesung adalah pemilik suara terbaik d grupnya. Yesung adalah takdir Super Junior, Super Junior adalah takdir Yesung. Mereka saling sempurna satu sama lain. Buktinya karena kerja keras semua member (Termasuk Yesung), Super Junior dapat menjadi sepopuler saat ini 🙂

  18. purieClouds berkata:

    neomu joha Yeppa, IHTBY lgu yg akn prnah bosn d dngrin .. .
    WAMIL 1 kta yg sukses bkin qu nangis 😥
    saranghae Yeppa

  19. purieClouds berkata:

    koreksi : IHTBY lgu yg ga akn prnah bosen unk d dngrin berulang2

    Yesung oppa Jeongmal SARANGHAE Mmuaaacch

  20. Ayunie CLOUDsweetJewel berkata:

    Sumpah, sebagai Clouds, aku nyesek banget baca artikel ini. Dari dulu aku sudah merasa kalo Yesungie emng kadang diperlakukan tdak adil, mnurutku.
    Kebanyakan lagu SUJU, terkadang dia cuma sprti back vocal. Contohnya, lagu Opera dan SPY yg paling banyak part nyanyiX cm Kyu & Wook.

    Truz, paling nyesek kalo liat MV SJ jaman dlu, dia cm 1 2 kali ke sorot kamera. liat ajj MV Miracle n Twins, dia cm kesorot 1x. Pdhl suaranya trdngar hmpr stengah lagu
    *Nyesek T_T.

    Mian, kepanjangan. akhrnya bisa nyampein uneg2

  21. lee jihyun berkata:

    Setuju… Hidup yesung!!!

    You are number one in my heart… I’ll always give a support for you…

  22. viie'yesung elf berkata:

    seSUJU bggt sama artikel ini ,dia itu bias aku di suju ,oppa yg satu ini memang the art of voice ,gak salah dikasih nama panggung ‘YESUNG’

    kyaa ,oppa jeongmal saranghae !! ^^

  23. Chelsea berkata:

    Yesung is the best..

  24. Sei berkata:

    Please, jgn bw2 member suju lain.a. Pembagian part jg kan bukan d minta masing2 member tsb, mv jg. Walo kbykan yg pernah bljr kelas vocal=technique, scr OBJEKTIF memilih K -> R -> Y. Tp kalo singer=voice,emotion+etc, scr SUBJEKTIF/individu kan fan memilih Y -> R -> K. Msg2 memiliki kelebihan n kekurangan,, toh smua 1 keluarga, jd lapang dada aj,, dlm musik voice yg bagus blum tentu memiliki teknik vocal yg bagus pula,, kalo teknik.a tdk sampai pd not yg harus d capai kan kasian,, dia akan d kritik org2 yg ngerti vocal.. Tp group vocal yg terbaik d kpop sampai april 2013 ini menurut byk pihak adl suju-KRY,, n ketiga.a masuk 5 besar dgn vocal terbaik d Kpop.. Btw, KPOP y,, bukan music dgn genre lain d luar POP,, q tw.a itu aja si,, Hehe,,

    1. PrincessClouds berkata:

      aku sama sekali tidak memburukkan member manapun loh. lagian itu aku dapatnya dari blog laen yg aku translet k bahasa indonesia. Maksudnya untuk membahas apa yg terjadi emang terjadi aja tanpa menjelekkan pihak manapun 🙂

  25. Maryati berkata:

    Emang nyesek bcanya,klo inget dlu yeppa gk punya fans nyesek bgt….yeppa yg terlewtkn,aku pertma kli tau suju yg q cri yeppa,mungkin dlu byk org yg gk menyadari bakt The art of voice ni pi seiring waktu ia pun menunjukn bkt itu,dan kmi(cloud) akn sll mendukung yeppa…fihting Opppa……

  26. Yefi cloud's berkata:

    Bgtu berat perjuanganmu oppa. .:|
    “hampir” semua org mungkin kenal yesung krn ‘it has to be you’ tp q beda waktu pertama kali q dngr lgu suju ‘U’ q kagum ama suara yg 1 nhi , trs q cari video’ny dan ternyata thu org’ny , trs q cari informasi sp jha thu member suju , eh ktmu deh ama org thu , trs q cari info lg tntng org thu , org thu adlh yesungie 😉 *curhat 😀
    pertama q jatuh cinta ama suaranya , trs wajahnya , sifatnya lalu tentang dirinyaaaaa 😀
    dialah biasq yg 1 di suju 😀
    q akan ttp mendukungmu yesungie , walau skrg kau dah wamil q akan ttp menunggumu smpai kau selesai wamil , ok 🙂
    fighting , saranghae oppa. .:*;):)

  27. Yefi cloud's berkata:

    Yesungie klo nyanyi lgu ballad thu menurut’q cocok bngt 100% deh , soal’ny ky menjiwai , contoh ky it has to be you dan skrg” promise you , dgn suarany yg serak” tp lembut thu bs menghanyutkan hati *cie

  28. dikachan berkata:

    jujur aq mlh lebih byk nemu elf yg bilang yesung itu vocal terbaik di sj ketimbang kyu n wook.. salah satu contohnya: ada salah satu artikel dari situs luar populer (soulbeats kalo gak salah) yg nyebut kyuhyun itu the best male vocalist kpop lalu coba lihat komen2nya.. kebanyakan fandom lain ngeattack authornya (and unfortunately ke kyuhyun juga) plus elf yg bilang yesung > kyuhyun..
    oya, aku kenal kpop sejak 2007 dan baru jadi elf di 2008 akhir,, dan aku gak multifandom jdi bisa dbilang aku hanya fokus ke sj n elf. aku gak nyalahin nih artikel yg nganggap yesung the best,, aku cuma berbagi info kalo dari sisi aku, aku lebih banyak nemuin elf yg underestimate kyuwook vocal dripada yesung.. baik elf dri indo maupun luar.. mungkin kamu bisa pergi ke forum-forum kpopers baik yg indo maupun luar trus bacalah komen2nya.. karena komen2 itu lah yang sebenarnya lebih ‘panas’ ketimbang artikelnya.. lol..

    mungkin buat side-note,, aku gak terlalu suka sama tuh blog aka thetruth*blablabla* .. baca aja artikel tuh blog yg lain mengenai sj,, dia (yg empunya blog) gak transparan.. dia benci sama salah satu member lalu dia kucilkan di blog itu (contohnya donghae.. baca aja apa komen2 beliau tentang donghae yg udah dibikin layaknya benar2 sebuah observasi setelah itu dicap sebagai ‘ the TRUTH about kpop’.. dan kalo udah baca artikel2 sj lainnya di tu blog,, kamu pasti sadar bahwa bukan hanya donghae yg dia benci tapi masih ada member2 lain.. atau mungkin bisa liat ke artikel grup lain,, mungkin dia melakukan hal yg sama aka terus menyodotkan salah satu member di grup lain .. jadi satu (atau dua bahkan lebih) artikel yg menurutku udah menunjukkan bahwa sang author gak transparan,, aku lebih baik menghindar dari blog tersebut..

    kalo masalah nyanyi mah yesung emang baguuuus.. jadi no comment ama ranking2 kayak gituan.. mau ditaroh paling akhir pun aku gak peduli,, karna kadang2 kpopers lain kan punya rasa benci sama sj jadi kalo ada ranking2 begitu dan gak ada sama sekali anggota KRY nyantol disana,, aku sih menganggapnya itu antara authornya gak suka sj ato authornya gak pernah tau KRY exist.. he..
    aku nemu salah satu thread di kpop forum international dimana disitu ada orang2 yg bener2 belajar vocal (baik secara online atau studi program) dan yang bikin aku sangat bangga adalah,, semua orang2 vocal yg di forum itu ngaku gak suka sj (bahkan beberapa ada yg pernah ngebash sj,, lol ) tpi waktu mereka ngomongin vocal,, mereka bilang KRY are solid vocalists (apalagi kalo kamu elf atau fans KRY akan tambah bangga lagi dgn KRY setelah kamu lihat bagaimana mereka ngejudge vocal dari grup lain, bahkan grup yg mereka stan sendiri) .. bahkan salah satu dri mereka udah ngebikin vocal range video buat masing2 anggota KRY… kalo belum tau,, cari aja di youtube.. disitu kita bisa liat seberapa kuat vocal KRY yg notabenenya ampe sekarang msih ke overshadow sama vocal grup lain atau anggota sj lain.. mereka juga udah bikin analysis vocal KRY.. tapi sampe skrg masih baru kyuwook aja,, yesung belum diupdate..

    wah,, serasa ngasih essai… lol

  29. nadakyu berkata:

    walaupun q bkan fansnya yesung tp q setuju sama artikel diatas…walaupun q fansnya kyu tp kalo masalah suara emang suara yesung jauh lebih bagus dari kyu…tp jg bkan beearti kyu suaranya jelek…kyu jg suaranya bagus banget…dan pas banget baca artikel ini sabil muter lagu it has to be you…

  30. Sei berkata:

    Setuju sama dikachan di atas,,
    aku juga awalnya baca di thetruthxxx itu setengah stuju setengah kagak.
    Dia terlalu bias,, apa lagi akhir2 ini,,
    kalo yesung bias dia di sj, nah di bigbang ma 2ne1 ada bias dia yg lain,, bgtu jg yg lain2.
    kasian yg bkn bias,, bener2 timpang komentar.a,,
    kalo blh aku tambahkan, anda selaku author kurang teliti say,, sharusnya anda cantumkan tanggal artikel itu di buat,, 2011 kalo ga slh,, dan anda baru posting 2012, jd interval yg kosong itu tak di isi dengan fakta terbaru,,
    dan vocal pedagogy kyk.a hampir ga ada fan indo yg pernah bljr y? Andai ada, kita bs tanya2.
    Yg aku tau di forum vocal akp yg bljr vocal ada ahmin/kitsunemale di yt, smstand.
    chung2/chung2F5 di yt, 2ne1 ygfam.
    Zhxzhx/1zhxzhx di yt, ngakunya ga da bias.
    Josias, lupa akun yt dia apa. Termasuk yg di tuakan di thread vocal akp.
    Gangertea, dll.
    Mereka jg buat akun twitter, kalo pengen tanya2 ttg vocalis favorite anda,, bs tuh, tp search dlu akun mereka di google ya,, hehe,,
    truz misal.a anda mau menambah pengetahuan ttg sj atau mgkn punya info yg bs di share, boleh donk ku sarankan bc ‘falling star’ dan ‘rising star’ milik iyagi di fanfiction .net
    dia nulis dgn time line, semacam dokumenter gtu,, tp tetap ff sih,, uda tau y? Hehe,, kalo blum, aku saranin baca deh,,
    trus dr byk blog emank kyk.a q cocok ma dikachan, seoulbeats lbh objektif dlm menilai,, sisi subjektif.a ga kelewat berat sebelah..
    Hm,, mohon maaf ya kalo ada kesalahan kata baik pd komen yg ini ataupun yg di atas sblm.a,, hbs aku sayang member2 suju sih,, ga tega lht komentar2 di artikel sj dimana byk yg menyepelekan member lain..

  31. risty berkata:

    Setuju banget..
    Sk banget sama postinganY,gomawo..
    Buatku yesung is the best,suaraY gk cm baguussss tp bagusss banget+bisa bkin org yang dgr suaraY disetiap lagu2 jd gk bisa berhenti buat gk dgrin lagu it..
    Kadang sk sedih kalo th yesung gk di akui bakat+kemampuanY,tp aku sllu percaya nnti yesung akan jd orang yang hebat+sukses diindustri k-pop,fighting yesung…
    I will waiting for you…
    Wamil gk jd penghalang buatku untk ttp jd fans setiamu,cepatlah kembali ke super junior i miss you so,saranghae…..

  32. @Jenny_shfly. berkata:

    memang dlu fans yesung ga ada, cba lihat sekarang fans.a paling bnyk d dunia, kyu sm wook kalah. suara kyu emg bgus tp yesung msh ada d atas kyu.

  33. FaQih Icueth berkata:

    yesung oppa emnk kere, aku juga selalu meyangkan semua orang yang terlalu tergila[ dengan kyuhyun padahal disana ada yesung yang suarang lebih bagus dari kyu, maaf bukan akrena aku gak suka kyu tp aku emnk lebih suka suara yesung..klo denger suara yesung rasanya gimaana gt..melelh bangt deh..aduuh oppa semoga dapet yang terbaik ne aku selalu dukung oppa 🙂

  34. cloudy10 berkata:

    postingannya bagus..
    Sukses terus untuk Yesungie..
    My first bias..

  35. Shanti clouds berkata:

    Yap setuju banget
    .
    KIM JOONG WON jangan sedih CLOUDS SELALU ADA UNTUKMU
    🙂

  36. leo berkata:

    Sebaga lead vocal tidak menjamin seorang penyanyi dalam sebuah group bisa mendapatkan bagian lebih banyak. Tidak usah jauh-jauh menilik siapa yang merasakan hal tersebut. Yesung Super Junior yang terkenal dengan suara berkarakter kuat nan lembut tidak lantas mendapatkan porsi menyanyi lebih banyak. Dari beberapa album yang telah ditelurkan oleh group idola senior ini, Yesung hanya menyanyikan beberapa lirik dan itupun tidak sekalipun menyanyikan lirik pembuka dalam setiap lagu. Jika menyimak dengan seksama, Yesung hanya mengambil bagian dari nada-nada improve yang tinggi ataupun sangat rendah. Ada 3 penyanyi yang memiliki karakter suara kuat, hanya Kyuhyun yang memiliki porsi sangat banyak dalam menunjukkan keanggunan suaranya.
    Dengan 11 member, memang SM harus memutar otak untuk bisa membagi suara dengan adil. Namun begitu, keluar dari SJ bukanlah pilihan bijak mengingat Yesung adalah SJ dan SJ adalah Yesung. Dengan suara lembut dan bernada serak memang sangat membantu Yesung jika ia ingin bersolo karir mengingat penggemar setia CLOUD dan ELF tidaklah sedikit. Memang sangat disayangkan dengan kualitas suara emas seperti itu, ia harus tergabung dalam group idola, tapi akan sangat disayangkan jika Yesung harus keluar dari SJ yang telah mengangkat namanya.

  37. princessbrown berkata:

    Aku juga sempet ragu kenapa yesung dijadiin lead vocal kalo part nyanyi kyuhyun aja lebih banyak? Menurut ku itu gak adil untuk yesung, sampe aku berpikir apa itu cuma formalitas karna diantara kry yesung yg paling tua? // sm selalu ngejadiin yg paling tua sbg leader // aku newbie dan salah satu bias ku itu yesung tapi waktu pertama kali denger lagu it has to be you pas kelas 8 smp aku langsung suka walau aku gatau siapa yg nyanyiin lagu itu. Aku sih berharap kalo suatu saat yesung debut solo, reaksi elf sama kayak waktu kyuhyun debut solo 😉😁👍

  38. Esaa berkata:

    yess.. aku juga sama setuju sama opini princessbrown. berharap Yesung debut solo 🙂

  39. AKU SETUJU BANGETTTT!!
    Kenapa aku merasa yesung terabaikan. Dan semua orang yang sebenarnya berada di bawah yesung justru malah seakan menjadi bintang dibandingkan dengan yesung. Aku juga sebagai fans BERAT tentunya menginginkan yesung itu dihargai juga dicintai oleh semua masyarakat korea ataupun dunia. Dan setelah ada It has to be you ehhh…. semua baru sadar!!
    ……The popular people not imply the people to be gifted……
    Bisa saja mereka berbakat karena tampan// But no for yesung.
    Yesung terkenal memang benar benar karena bakatnya yang bisa membuat orang tenggelam karena pesona bernyanyi nya.

    Daebakkk buat author. Author memang benar benar cloud yang sejati. Aku suka orang yang seperti ini. Seorang fans yang menginginkan indola nya bersinar dan lebih baik. Bukan karena yesung deket sama cewek, kita marah,, kita ini clouds. Jika yesung ingin dekat dengan siapapun itu urusan dia. Kita hanyalah clouds, penggemar yang mendukung yesung di dalam suka maupun duka..
    THANK YOU AND PISSS!!

  40. sparkyucho0 berkata:

    Halo, maaf sebelumnya. Tapi selera orang berbeda-beda. Saya tahu suara yesung bagus. Hanya saja saat saya membaca nama Kyuhyun disini, saya merasa perlu mengutarakan pendapat saya. Kenapa orang-orang lebih banyak merekomendasikan Kyuhyun sebagai Best Vocal? Karena mereka menyukai Vocal Kyuhyun yang bisa dibilang unik. Seperti hal nya saya yang lebih menyukai suara Kyuhyun tanpa memandang sebelah mata pada Yesung.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.